Air Limbah Domestik

Pengertian limbah domestik

Menurut kamus besar bahasa indonesia, pengertian Limbah domestik adalah sesuatau yang berhubungan dengan  atau mengenai permasalahan dalam negri. Arti domestik juga bermakna segala sesuatu yang bersifat kerumahtanggan. Hal ini berarti istilah domestik mencakup segala sesuatu yang masuk dalam ruang lingkup internal dalam negri atau dalam rumah tangga.

Limbah domestik lebih kita kenal dengan istilah limbah rumah tangga. Limbah domestik ini berasal dari pembuangan dalam rumah tangga, seperti sampah dan sejenisnya. Limbah ini dihasilkan dari sisa pembuangan makanan, sisa barang-barang yang sudah tida terpakai dan ingin segara dibuang, air bekas mencuci atau mandi dan kotoran yang berasal dari tubuh manusia ( fases dan urin ). Sejatinya limbah domestik tida berbahaya seperti limbah industri. Akan tetapi jika membuangnya tidak tepat bisa menjadi sumber penyakit bagi masyarakat.

Pengertian limbah domestik secara pandangan umum sudak kita ketahui. Beberapa para ahli berusaha menambahkan tentang pengertian limbah domestik sebagai berikut :

Pengertian Limbah Domestik Menurut Para Ahli :

  • Sugiharto (1987)

Limba domestik dapat berupa cairan. Limbah cair yang dihasilkan dari rumah tangga ini cenderung merupakan kotoran umum.

  • Stokes (1991)

Bila pembuangan limbah domestik tida tepat, limbah itu dapat dikategarikan menjadi limbah infeksius yang berarti limbah yang dapat menjadi penyebab munculnya penyakit.

  • Tchobanoglous (1979)

Limbah domestik merupakan sampah yang terbawa air dan berasal dari rumah tangga.

  • Hieronymus Budi Santoso

Limbah domestik adalah bahan yang terbuang atau sengaja dibuang dari suatu sumber yang berasal dari aktivitas manusia dalam rumah. Limbah ini belum memiliki nilai ekonomi yang bermanfaat dan bisa jadi malah berdampak negatif.

  • Cahyono Budi Utomo

Limbah domestik bisa berasal dari benda atau zat dari aktivitas manusia yang sudah tida digunakan lagi dan sengaja dibuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.